Blog Content

Home – Blog Content

Burgas ke-28 2022 Digelar di Universitas Pawyatan Daha

UPD Kediri – Burgas atau Libur Bertugas kembali diselenggarakan di Yayasan Pawyatan Daha setelah vakum beberapa tahun karena pandemi Covid-19. Burgas diselenggarakan mulai 21-23 Desember 2022 di Universitas Pawyatan Daha yang sekaligus menjadi tuan rumah tahun ini.

Upacara pembukaan berlangsung khidmat dan dihadiri langsung oleh Pembina dan Pengurus Yayasan Pawyatan Daha.

Untuk diketahui, Burgas merupakan salah satu agenda tahunan Yayasan Pawyatan Daha yang diikuti oleh seluruh unit yang ada di Yayasan. Baik dari TP-TPS, SD, SMP, SMA/SMK, hingga Universitas.

Upacara Pembukaan Burgas ke-28 di Universitas Pawyatan Daha, Rabu 21 Desember 2022 (Dok. Dias M.)

Burgas pertama kali dicetuskan oleh Soewandi Tjitrawasita pada 1950 yang awalnya disebut Pekan Pendidikan. Lalu dilanjutkan pada 1957 dengan kegiatan kemah gerak I menempuh perjalanan Kediri-Blambangan-Bali.

Selanjutnya kemah gerak II dilaksanakan pada 1961 menempuh perjalanan Kediri-Lapangan Banteng-Cijantung-Jakarta-Temanggung-Pakem-Yogyakarta-Kediri selama 20 hari.

Hingga pada 1974 ketika Yayasan Pawyatan Daha memperingati usianya yang ke-50 tahun, Burgas sudah dilaksanakan sebanyak tujuh kali.

Tujuan diselenggarakannya Burgas adalah untuk membentuk pribadi-pribadi yang kuat dalam segala situasi dan kondisi. Yang sanggup membaktikan Rasa-Karsa-Cipta kepada masyarakat, nusa, dan bangsanya.

Upacara Pembukaan Burgas ke-28 di Universitas Pawyatan Daha, Rabu 21 Desember 2022

Burgas yang diselenggarakan tahun ini mengusung tema ‘Dengan Libur Bertugas Ke-28 Kita tingkatkan Rasa Bhakti Siswa Kepada Masyarakat Dalam Rangka Menyongsong Satu Abad Yayasan Pawyatan Daha’.

Burgas ke-28 memiliki motto ‘Tanggap-Tangguh-Tanggon-Trengginas’ yang dapat didefinisikan sebagai berikut:

  1. Tanggap : peka terhadap situasi dan kondisi kapanpun dan di manapun berada.
  2. Tangguh : dapat diandalkan tenaga dan pikirannya.
  3. Tanggon : dapat dipertanggungjawabkan pikiran, ucapan, dan tindakannya.
  4. Trengginas : cekatan, terampil, dan mandiri dalam setiap tindakan yang dilakukan.

Pada acara ini seluruh unit menerjunkan perwakilan siswa atau mahasiswanya untuk mewakili sekolah atau kampus dalam serangkaian kegiatan yang ada.

Upacara Pembukaan Burgas ke-28 di Universitas Pawyatan Daha, Rabu 21 Desember 2022 (Dok. Dias M.)

Selain berkemah, pada acara Burgas tahun ini juga akan diramaikan dengan pawai keliling (defile), unggun gembira, touring, sepeda kelana, hingga pentas seni masing-masing unit.

Tidak cukup sampai di situ saja, pada acara Burgas tahun ini juga ada pembagian sembako yang diselenggarakan di beberapa titik. Sembako ini dibagikan untuk masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar lokasi pembagian.

Juga akan ada bazar murah yang diikuti oleh semua unit di Yayasan Pawyatan Daha. Nantinya masyarakat bisa membeli aneka produk, makanan, atau bahan pokok yang ditawarkan oleh masing-masing unit.